Rabu, 05 Desember 2012

menu utama pada Microsoft Word


Beberapa menu utama pada program Microsoft Word dapat dilihat pada di antaranya sebagai berikut.
1. Title Bar
Title Bar dalam Bahasa Indonesia disebut dengan “bagian judul”. T itle Bar ini terletak pada bagian paling atas jendela Microsoft Word. Pada bagian ini menunjukkan judul sebuah dokumen dengan nama aplikasinya. Sebelum file diberi nama, bagian ini secara otomatis menampilkan nama Document 1.
2. Menu Bar
Menu Bar terdiri atas beberapa menu dengan tampilan kata-kata , seperti File, Edit, Insert, dan sebagainya. Tiap menu memiliki sejumlah submenu yang berupa kumpulan perintah untuk menampilkan beberapa tugas. Contohnya, pada menu
Edit terdapat submenu Cut yang mempunyai fungsi memotong teks yang diperlukan dari sebuah dokumen.
3. T oolbars
Toolbars ter diri atas beberapa ikon (tombol lambang) yang menyediakan akses cepat, biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas mengolah atau mengetik kata. Toolbars yang paling sering digunakan adalah Toolbars Standard dan Toolbars Formatting. Contohnya, ikon untuk perintah New, Open, dan Save
terdapat pada tombol Toolbars Standard.
4. Document Area (Daerah dokumen)
Daerah ini adalah daerah kosong pada Microsoft Word dan mer upakan tempat penempatan teks, gambar, dan tabel.
5. Insert P oint (Kursor)
Kursor ialah garis tegak lurus yang lazimnya tampil k elap-kelip pada wilayah dokumen di layar monitor. Kursor menunjukkan daerah tempat ketikan sebuah karakter yang berupa huruf, angka, atau simbol yang lain dari keyboard.
6. Ruler
Ruler ialah penggaris yang muncul pada bagian atas dan samping kiri wilayah dokumen. Ruler digunakan untuk mengatur batas halaman dan menata teks pada sebuah dokumen.

7. Task Pane
Task Pane ialah jendela k ecil pada sisi kanan program Microsoft Word yang menyediakan fasilitas perintah yang lazim digunakan.
8. Scroll Bar
Scroll Bar digunakan untuk menggeser (menavigasi) penunjuk naik dan turun atau geser ke kiri dan ke kanan pada sebuah dokumen.
9. Status Bar
Menunjukkan nomor halaman atau banyak halaman pada sebuah dokumen. Selain itu, Status Bar menunjukkan posisi dari k ursor.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar