Selasa, 09 April 2013

tujuan komunikasi



ada empat tujuan atau motif komunikasi yang butuh dikemukakan disini. motif atau tujuan ini tak perlu dikemukakan dengan sadar, juga tak perlu mereka yang terlibat menyepakati tujuan komunikasi mereka. tujuan bisa disadari maupun tidak, bisa dikenali maupun tidak. setelah itu, walau. teknologi komunikasi beralih dengan cepat serta mencolok ( kita kirim surat elektronika, bekerja dengan komputer, contohnya ) tujuan komunikasi pada prinsipnya terus sama, bagaimanapun hebatnya revolusi elektronika serta revolusi-revolusi lain yang akan tiba. ( arnold serta bowers, 1984 ; naisbit. 1984 ).
a. menemukan di antara tujuan utama komunikasi menyangkut penemuan diri ( personal discovery ) 
apabila anda berkomunikasi dengan orang lain, anda belajar mengenai diri sendiri tak hanya juga perihal orang lain. sebenarnya, persepsi-diri anda beberapa besar dihasilkan dari apa yang sudah anda pelajari perihal diri sendiri dari orang lain sepanjang komunikasi, terutama didalam pertemuan-perjumpaan antarpribadi.
dengan bicara perihal diri kita sendiri dengan orang lain kita beroleh umpan balik yang bernilai mengenai perasaan, pemikiran, serta tingkah laku kita. dari pertemuan layaknya ini kita mengerti, contohnya bahwa perasaan kita nyatanya tidak jauh tidak sama dengan perasaan orang lain. pengukuhan positif ini menolong kita jadi normal.
langkah lain dimana kita lakukan penemuan diri yaitu melalui sistem perbandingan sosial, melewati perbandingan kekuatan, prestasi, sikap, pendapat, nilai, serta kegagalan kita dengan orang lain. berarti, kita mengevaluasi diri sendiri beberapa besar dengan langkah membanding diri kita dengan orang lain.
dengan berkomunikasi kita bisa mengerti dengan tambah baik diri kita sendiri serta diri orang lain yang kita ajak bicara. namun, komunikasi juga sangat mungkin kita untuk mendapatkan dunia luar—dunia yang dipenuhi objek, momen, serta manusia lain. saat ini ini, kita memercayakan bermacam media komunikasi untuk mendapatkan info perihal hiburan, olahraga, perang, pembangunan ekonomi, problem kesehatan serta gizi, dan produk-produk baru yang bisa dibeli. banyak yang kita dapatkan dari media ini berhubungan dengan yang kita dapatkan dari hubungan antarpribadi kita. kita mendapatkan banyak info dari media, mendiskusikannya dengan orang lain, serta selanjutnya pelajari atau menyerap beberapa bahan tadi sebagai hasil hubungan ke-2 sumber ini.
b. untuk berhubungan
di antara semangat kita yang sangat kuat yaitu terkait dengan orang lain ( membina serta memelihara hubungan dengan orang lain ). kita pingin jadi dicintai serta disukai, serta lantas kita juga pingin menyukai serta suka orang lain. kita menggunakan banyak waktu serta daya komunikasi kita untuk membina serta memelihara hubungan sosial. anda berkomunikasi dengan sahabat di sekolah, di kantor, serta mungkin melewati telephone. anda berbincang-bincang dengan orangtua, anak-anak, serta saudara anda. anda berhubungan dengan mitra kerja.
c. untuk meyakinkan 
media periode ada beberapa besar untuk meyakinkan kita supaya merubah sikap serta tingkah laku kita. media bisa hidup dikarenakan ada dana dari iklan, yang diarahkan untuk mendorong kita beli beragam product. saat ini ini barangkali anda semakin banyak melakukan tindakan sebagai customer daripada sebagai penyampai pesan melewati media, namun tidak lama lagi mungkin anda-lah yang dapat merancang pesan-pesan itu—bekerja di satu surat kabar, jadi editor sesuatu majalah, atau bekerja pada biro iklan, pemancar televisi, atau beragam bidang lain yang terkait dengan komunikasi. namun, kita juga menggunakan banyak waktu untuk lakukan persuasi antarpribadi, baik sebagai sumber ataupun sebagai penerima. didalam pertemuan antarpribadi sehari-hari kita berupaya merubah sikap serta tingkah laku orang lain. kita berupaya mengajak mereka lakukan suatu hal, coba langkah diit yan baru, beli product spesifik, melihat film, membaca buku, rnengambil mata kuliah spesifik, meyakini bahwa suatu hal itu salah atau benar, menyetujui atau mengecam ide spesifik, dan seterusnya. daftar ini dapat amat panjang. memanglah, sedikit saja dari komunikasi antarpribadi kita yang tidak berusaha merubah sikap atau tingkah laku.
d. untuk bermain 
kita menggunakan banyak tingkah laku komunikasi kita untuk bermain serta menghibur diri. kita mendengarkan pelawak, perbincangan, musik, serta film beberapa besar untuk hiburan. demikianlah juga banyak dari tingkah laku komunikasi kita dirancang untuk menghibur orang lain ( menceritakan lelucon mengutarakan suatu hal yang baru, serta mengaitkan cerita-cerita yang menarik ). adakalanya hiburan ini adalah tujuan akhir, namun adakalanya ini adalah langkah untuk mengikat perhatian orang iain hingga kita bisa meraih tujuan-tujuan lain.
sudah pasti, tujuan komunikasi tidak cuma ini ; ada banyak tujuan komunikasi yang lain. namun keempat tujuan yang dijelaskan diatas tampaknya adalah tujuan-tujuan yang utama. setelah itu tak ada tindak komunikasi yang didorong cuma oleh satu factor ; karena tunggal tampaknya tak ada dunia ini. oleh sebab itu, tiap-tiap komunikasi mungkin didorong oleh gabungan sebagian tujuan tidak cuma satu tujuan.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar