Ada tiga fungi pasar, yaitu fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi.
a. Fungsi distribusi
Keberadaan pasar membawa kemudahan bagi produsen dalam rangka memperoleh barang-barang yang akan digunakan dalam proses produksi. Selain itu, pasar merupakan tempat produsen menyalurkan barang-barang hasil produksinya. Pasar dikatakan berfungsi dengan baik, apabila proses distribusi barang dan jasa berjalan dengan lancar.
b. Fungsi pembentukan harga

c. Fungsi promosi
Pasar juga dapat berfungsi sebagai ajang atau sarana mempromosikan atau memperkenalkan
nilai guna atau manfaat suatu barang atau jasa yang telah dihasilkan oleh produsen. Dengan demikian konsumen dapat mengetahui keberadaan barang tersebut. Misalnya meliputi jenis barang, kualitas barang, dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh barang tersebut sehingga konsumen menjadi tertarik atau termotivasi untuk melakukan pembelian atas barang-barang tersebut.
sumber : BSE
Artikel Terkait:
Ekonomi
- Pengertian Studi Kelayakan Bisnis
- Fungsi Bank Syariah
- Pengertian pegadaian
- Pengertian Visi, Misi, Tujuan, Kredo
- Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja
- Pengertian pengusaha
- Hambatan-HAMBATAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL
- Sistem dan Saluran Distribusi
- Fungsi dan Unsur Modal Kerja
- Definisi DAN JENIS-JENIS TARIF
- Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat yang Lebih Maju
- Tingkat Suku Bunga
- Sejarah Perkembangan Kebijakan Nilai Tukar di Indonesia
- Sistem Kurs Mata Uang
- Penentuan Nilai Tukar
- Pengertian Nilai Tukar Rupiah
- FORMAT MARKETING PLAN
- Industri Kecil
- Pengertian Industri
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja
- Penyerapan Tenaga Kerja
- . Indeks Harga Produsen (IHP)
- Indeks Harga Konsumen (IHK)
- GNP/PDB Deflator
- Penyebab Inflasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar