Jumat, 30 Desember 2011

Bursa Valuta Asing

Bursa adalah tempat jual beli/tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sedangkan valuta asing adalah mata uang asing, Jadi bursa valuta asing adalah tempat jual beli berbagai jenis mata uang asing. 

Penentuan kurs valuta asing dalam keadaan pasar bebas dibentuk oleh interaksi antara permintaan dan penawaran, permintaan akan valuta asing sebagianbesar datangdaripara importir yangharaus membayar impor barang dan jasa dari luar negeri, sedangkan penawaran valuta asing sebagian besar berasal dari para eksportir, yang hasil ekspornya dibayar dalam bentuk mata uang asing.

Fungsibursa valuta asing meliputi2 hal
a. sebagai tempat bertemu untuk memperoleh informasi tentang keadaan pasar valuta asing.
b. sebagai tempat untuk memroleh informasi nilai kurs mata uang asing
c. sebagai tempat jual beli mata uang asing

Adapun lembaga-lembaga yang diperbolehkan menjual dan membeli valuta asing antara lain bank-bankyang telah mendapat ijin resmi seperti Bank Devisa, Money Changer atau melalui makelar valuta asing. Bursa valuta asing/pasar valuta asing berbeda dengan pasar modal, kalau bursa valuta asing tempat jual beli mata uang asing sedangkan pasar modal adalah tempat jual beli surat berharga, seperti obligasi (tanda bukti hutang), saham (surat penyertaan modal).

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar