Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 28 Desember 2011

Faktor-faktor yang memengaruhi persebaran flora dan fauna

Faktor-faktor yang memengaruhi persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah muka bumi adalah iklim, relief daratan, keadaan tanah, dan peranan makhluk hidup.

a. Iklim
Iklim memberikan pengaruh penting bagi persebaran flora. Unsur iklim tersebut meliputi suhu, kelembaban udara, curah hujan, serta angin. Pengaruh iklim bersifat vertikal dan horizontal. Secara vertikal adanya perbedaan ketinggian tempat, sedangkan secara horizontal dipengaruhi letak lintang tempat.

b. Relief daratan
Relief daratan adalah keadaan tinggi rendahnya permukaan tanah dari permukaan laut. Perbedaan ketinggian mengakibatkan terjadinya variasi suhu udara. Variasi suhu memengaruhi variasi jenis tumbuhan. Jenis tumbuhan di daerah tinggi dan dataran rendah berbeda satu sama lain sebab tiap tumbuhan memerlukan suhu tertentu untuk dapat hidup.

c. Keadaan tanah
Perbedaan jenis/tipe tanah (lempung, pasir, aluvial, dan lain-lain) serta jumlah kandungan zat
mineral memengaruhi jenis tumbuhan yang dapat hidup di atasnya. Misalnya: tanah berhumus di daerah tropis menjamin hidupnya berbagai jenis tumbuhan, sedangkan di daerah gurun/salju hanya tumbuhan tertentu yang dapat hidup.

d. Peranan makhluk hidup (biotik)
Makhluk hidup meliputi hewan dan manusia. Persebaran flora melalui hewan dapat terjadi melalui proses daur makanan secara tak langsung atau berpindah oleh jenis hewan tertentu. Peranan manusia antara lain melalui kegiatan migrasi, penelitian/pengembangbiakan, dan lain-lain.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar