Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 28 Desember 2011

Jenis Pasar ditinjau dari waktu kegiatannya

Ditinjau dari waktu kegiatannya, pasar dibedakan menjadi tiga, yaitu:

a. Pasar harian
Pasar harian yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap hari. Pasar jenis ini dapat kita temukan hampir di semua kota. Misalnya pasar harian ialah Pasar Senen, Pasar Minggu, Pasar Tanah Abang, dan pasar tradisional lainnya.

b. Pasar mingguan
Pasar mingguan ialah pasar yang hanya berlangsung sekali dalam seminggu. Pasar jenis ini biasanya terdapat di daerah pedesaan, di mana penjual dan pembeli berkumpul hanya sekali dalam seminggu. Jadi, masyarakat sudah harus menyediakan keperluan hidupnya untuk seminggu. Misalnya pasar di desa-desa yang hanya diselenggarakan tiap hari Jumat, pasar di desa-desa yang diselenggarakan hari Rabu, dan lain-lain.

c. Pasar bulanan
Pasar bulanan ialah pasar yang menyelenggarakan kegiatan sekali dalam sebulan. Pasar semacam ini umumnya kita jumpai di daerah-daerah perkebunan di wilayah transmigrasi. Biasanya penyelenggaraan pasar ini bertepatan dengan penerimaan gaji bagi kaum buruh.

d. Pasar tahunan
Pasar tahunan ialah pasar yang hanya berlangsung sekali dalam setahun. Pasar ini biasanya diselenggarakan untuk menyambut event-event tertentu. Misalnya, Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar