Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 28 Desember 2011

Pelapukan fisika/mekanik

Pelapukan fisika atau disebut pula desintegrasiadalah proses penghancuran batuan menjadi bagian- bagian yang lebih kecil tanpa mengubah komposisi atau susunan kimiawianya. Proses ini bisa terjadikarena penyinaran matahari, perubahan suhu, danpembekuan air pada celah-celah batuan. 

a). Penyinaran matahari Penyinaran matahari yang terjadi secara terus-menerus mengakibatkan batuan menjadi panas. Jika batuan yang panas tersebut terkena air hujan secara tiba-tiba, batuan tersebut akan pecah-pecah. 

b). Perubahan suhu Penyinaran matahari juga akan meningkatkansuhu pada siang hari sehingga batuan mengalamipemuaian. Sebaliknya, pada malam hari tidak ada penyinaran matahari sehingga batuan mengkerut. Proses memuai dan mengerut tersebut ternyata kekuatan dan kecepatannya berbeda antara mineralyang satu dengan lainnya dalam batuan sehingga batuan menjadi rapuh dan mudah hancur. 

c). Pembekuan air pada celah-celah batuan Di daerah dingin, air yang masuk pada celah- celah batuan akan membeku atau menjadi espada saat suhu udara menurun. Karena volume es lebih besar dibanding volume air yang masuk pada celah-celah batuan tadi maka es akanmenekan celah batuan tersebut dengan sangatkuat, sehingga batuan terpecah-pecah.

sumber : BSE

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar