Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 28 Desember 2011

Fungsi Pasar

Ada tiga fungi pasar, yaitu fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi.

a. Fungsi distribusi
Keberadaan pasar membawa kemudahan bagi produsen dalam rangka memperoleh barang-barang yang akan digunakan dalam proses produksi. Selain itu, pasar merupakan tempat produsen menyalurkan barang-barang hasil produksinya. Pasar dikatakan berfungsi dengan baik, apabila proses distribusi barang dan jasa berjalan dengan lancar.

b. Fungsi pembentukan harga
Di dalam pasar persaingan sempurna, harga barang ditentukan oleh mekanisme pasar. Artinya harga ditentukan oleh kekuatan tarik menarik antara permintaan yang dilakukan oleh pembeli dan penawaran yang dilakukan oleh penjual. Jadi, dalam hal ini pasar berfungsi sebagai alat dalam menentukan harga suatu barang atau jasa.

c. Fungsi promosi
Pasar juga dapat berfungsi sebagai ajang atau sarana mempromosikan atau memperkenalkan
nilai guna atau manfaat suatu barang atau jasa yang telah dihasilkan oleh produsen. Dengan demikian konsumen dapat mengetahui keberadaan barang tersebut. Misalnya meliputi jenis barang, kualitas barang, dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh barang tersebut sehingga konsumen menjadi tertarik atau termotivasi untuk melakukan pembelian atas barang-barang tersebut.

sumber : BSE

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar