Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sabtu, 31 Desember 2011

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD)

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD)

Disebut juga World Bank atau Bank Dunia. IBRD adalah Badan Internasional untuk Pembangunan dan Kemajuan. Didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkedudukan di Washington DC. Dari sejak berdirinya hingga sekarang telah berpuluh-puluh miliar dolar dipinjamkan kepada berbagai negara untuk membangun bermacam-macam proyek dengan syarat-syarat ringan (dalam hal bunga dan pembayaran kembali). Di samping itu, bantuan teknik juga diberikan secara cuma-cuma. Jadi, tujuan pokoknya ialah: memberi bantuan kredit jangka panjang dan jangka pendek kepada negara-negara  yang sedang membangun. Atau menyalurkan dana dari negara kaya untuk pembangunan ekonomi negara-negara berkembang dan negara-negara mis- kin dengan tingkat bunga relatif rendah.

Sebagai anggota dan badan tersebut, Indonesia telah menerima kredit atau pinjaman dalam rangka pembiayaan usaha-usaha pembangunan di Indonesia. Untuk membangun perusahaan-perusahaan swasta di negara-negara anggota didirikan International Finance Cooperation (IFC) pada tahun 1956. Badan ini berdiri sendiri dengan modal sendiri, tetapi berhubungan erat dengan World Bank. Tiap bantuan kredit yang diberikan kepada perusahaan swasta harus dijamin oleh pemerintah dari masing-masing negara tersebut.

Tugas-tugas IBRD meliputi hal-hal berikut.
  1. Memberi bantuan untuk mengembangkan sifat multilateral investasi internasional.
  2. Memberi bantuan kredit dengan syarat lunak dan suku bunga yang ringan.
  3. Memberi bantuan untuk mempertahankan pinjaman internasional pada tingkat tinggi.
  4. Memberi bantuan untuk mengembangkan pertumbuhan perniagaan yang stabil.
  5. Memberi bantuan untuk perbaikan usaha dalam bidang pertanian, industri, jalan raya, dan perhubungan bagi negara-negara di dunia.
  6. Ikut serta dalam investasi swasta dengan cara menanamkan modal sendiri atau modal yang diperoleh dari hasil penjualan obligasi yang diterbitkan oleh IBRD.
  7. Memperbaiki dan membangun daerah-daerah yang mengalami kerusakan akibat perang.
  8. Membantu pembangunan ekonomi negara-negara anggota yang sedang berkembang dengan memberikan fasilitas dan investasi untuk tujuan produksi.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar