Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sabtu, 31 Desember 2011

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD)

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD)
OECD (Organisasi untuk kerja sama dan pembangunan ekonomi) didirikan pada tanggal 4 Desember 1960 di Paris. Semula, tujuannya adalah untuk membantu memajukan produksi serta meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan nasional negara-negara anggotanya (Eropa, AS, dan Jepang). 

OECD kemudian berkembang menjadi organisasi penelitian ilmiah dan perundingan mengenai masalah-masalah ekonomi, inflasi, konjungtur, pertumbuhan ekonomi, dan bantuan internasional. Setiap enam bulan laporan dan peninjauan perkembangan ekonomi dunia dan negara-negara anggotanya. Saat ini, anggota OECD meliputi negara-negara anggota MEE, AS, Jepang, Yunani, Portugal, Spanyol, Austria, Australia, Islandia, Norwegia, Swiss, Turki, Finlandia, Swedia, Kanada, Belgia, Belanda, Irlandia, Italia, Inggris, dan Luxemburg.

Di dalam organisasi itu terdapat sebuah panitia yang disebut DAC (Development Assistance Committee) atau Panitia Bantuan Pembangunan. Tugasnya ialah merumuskan pedoman pemberian bantuan luar negeri kepada negara-negara berkembang. Tidak semua anggota OECD menjadi anggota Panitia. Anggota MEE ikut bergabung dalam keanggotaan OECD.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar