Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 28 Desember 2011

Peranan pasar

Selain fungsi, pasar juga memiliki peranan dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Peranan- peranan pasar tersebut adalah sebagai berikut.

a. Memungkinkan terjadinya perpindahan faktor produksi dari produsen ke konsumen
Kegiatan produksi ialah setiap usaha manusia untuk membuat suatu barang atau membuat pelayanan tertentu sehingga menjadi berguna atau lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Hubungan antara kegiatan produksi dengan pasar terletak pada kegiatan-kegiatan yang terjadi di dalam pasar. Misalnya, seorang kuli pasar menawarkan jasa untuk mengangkut barang-barang. Dari kegiatan tersebut terlihat bahwa telah terjadi perpindahan faktor produksi (tenaga kerja) dari kuli pasar tersebut kepada orang-orang yang menggunakan jasa kuli tersebut.

b. Memperlancar proses konsumsi bagi masyarakat
Konsumsi ialah kegiatan menggunakan, memakai, atau menghabiskan barang atau jasa atau mengurangi kegunaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan baik sekaligus maupun secara berangsur-angsur. Pasar mempunyai peranan yang sangat besar bagi kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen. Di dalam pasar, konsumen dapat membeli barang-barang kebutuhan hidup.

c. Memperlancar proses distribusi dari penjual ke pembeli
Kegiatan distribusi ialah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Pasar mempunyai peranan yang sangat besar dalam kegiatan distribusi. Dengan adanya pasar maka barang dan jasa yang diproduksi oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan manusia dapat disalurkan kepada konsumen.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar