Rabu, 23 Mei 2012

Fungsi dan Unsur Modal Kerja


Fungsi Modal Kerja
Menurut Tunggal (2000:91-92), fungsi modal kerja adalah sebagai berikut :
1. Modal kerja itu menampung kemungkinan akibat buruk yang ditimbulkan karena penurunan nilai aktiva lancar seperti penurunan nilai piutang yang diragukan dan yang tidak dapat ditagih atau penurunan nilai persediaan.
2. Modal kerja yang cukup memungkinkan perusahaan untuk membayar semua hutang lancarnya tepat pada waktunya dan untuk memanfaatkan potongan tunai ; dengan menggunakan potongan tunai maka jumlah yang akan dibayarkan untuk pembelian barang menjadi berkurang.
3. Modal kerja yang cukup memungkinkan perusahaan untuk memelihara “credit standing” perusahaan yaitu penilaian pihak ketiga, misalnya bank dan para kreditor akan kelayakan perusahaan untuk memelihara kredit. Di samping itu modal kerja yang mencukupi memungkinkan perusahaan untuk menghadapi situasi darurat seperti dalam hal terjadi; pemogokan, banjir, dan kebakaran.
4. Memungkinkan perusahaan untuk memberikan syarat kredit pada para pembeli. Kadang-kadang perusahaan harus memberikan kepada para pembelinya syarat kredit yang lebih lunak dalam usaha membantu para pembeli yang baik untuk membiayai operasinya.
5. Memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan persediaan pada suatu jumlah yang mencukupi untuk melayani kebutuhan para pembeli dengan lancar.
6. Memungkinkan pimpinan perusahaan untuk menyelenggarakan perusahaan lebih efisien dengan jalan menghindarkan kelambatan dalam memperoleh bahan, jasa, dan alat-alat yang disebabkan karena kesulitan kredit.
7. Modal kerja yang mencukupi, memungkinkan pula perusahaan untuk menghadapi masa resesi dan depresi dengan baik.

Unsur-unsur Modal Kerja
Menurut Soeprihanto (1988:28-33), Unsur modal kerja terdiri dari empat unsur, yaitu:
1. Uang Kas atau dana yang ada di Bank Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu membutuhkan uang kas. Uang kas diperlukan untuk belanja sehari-hari atau memenuhi semua kebutuhan perusahaan. Atau Kas adalah uang tunai yang dipegang oleh perusahaan dalam bentuk uang kecil di laci-laci, daftar kas atau dalam catatan rekening di berbagai bank, dimana permintaan depositonya selalu terjaga.
2. Surat-surat Berharga yang dapat diperjual belikan adalah investasi surat berharga yang dapat dimasukkan ke dalam saldo kas oleh perusahaan.
3. Piutang Piutang timbul karena perusahaan melakukan penjualan kredit. penjualan kredit dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbanyak volume penjualan, dan penjualan secara kredit sudah tentu tidak menghasilkan penerimaan kas, akan tetapi menimbulkan piutang yang nantinya pada waktu jatuh pembayaran piutang tersebut baru terjadi penerimaan kas.
4. Persediaan Barang Penentuan besarnya investasi dalam persediaan barang merupakan masalah yang penting bagi perusahaan, karena persediaan barang mempunyai akibat langsung terhadap keuntungan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mengadakan persediaan barang yang cukup, sehingga memungkinkan untuk beroperasi dengan efisien.

Sumber: Tofiah  

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda berada dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal, hubungi kami melalui email hari ini untuk bantuan tersebut (pinjaman, uang start-up): rebaccamorrisloanfirm @ gmail. com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11: 10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk orang-orang yang berpikiran serius dan Allah takut di keuangan kesulitan dan ingin menemukan jalan keluar.

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negara: ____________________

    Kerjamu:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor telepon:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah membuat pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan tersebut berlokasi? .

    BalasHapus