Minggu, 13 Mei 2012

Pengertian Bakteri

Bakteri, berasal dari kata Latin, bakteri (jamak, bakteri); adalah kelompok raksasa dari organisme hidup. Mereka sangat kecil (mikroskopis) dan sebagian besar uniseluler (bersel tunggal), dengan struktur sel yang relatif sederhana tanpa inti / nukleus, sitoskeleton, dan organel seperti mitokondria dan kloroplas. Struktur sel mereka dijelaskan lebih lanjut dalam artikel mengenai prokariota, karena bakteri adalah prokariota, untuk membedakan mereka dari organisme yang memiliki sel lebih kompleks disebut eukariota. Istilah "bakteri" telah diterapkan untuk semua prokariota atau untuk kelompok besar mereka, tergantung pada gagasan mengenai hubungan mereka.

Bakteri adalah yang paling berkelimpahan dari semua organisme. Mereka tersebar (berada di mana-mana) di simbion tanah, air, dan pada organisme lain. Banyak patogen bakteri. Kebanyakan dari mereka kecil, biasanya hanya berukuran 0,5-5 pM, meskipun ada spesies dapat mencapai 0,3 mm (Thiomargarita). Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel hewan dan jamur, tetapi dengan komposisi sangat berbeda (peptidoglikan). Banyak yang bergerak menggunakan flagela, yang berbeda dalam struktur dari flagela kelompok lain.

Bakteri ini sering dikaitkan sebagai penyebab penyakit manusia dan hewan (misalnya, Leptospira, yang menyebabkan penyakit serius ternak). Namun, beberapa bakteri, Actinomycetes, menghasilkan antibiotik seperti streptomisin dan nocardicin, yang lain tinggal di simbiosis dengan hewan (termasuk manusia) atau di tempat lain di tubuh mereka, atau pada akar tanaman tertentu, mengubah nitrogen menjadi bentuk yang bermanfaat. Bakteri menempatkan tang dalam yogurt dan asam dalam roti sourdough; bakteri membantu untuk menguraikan bahan organik mati, bakteri membentuk dasar jaringan makanan di banyak lingkungan. Bakteri tersebut penting karena fleksibilitas mereka yang ekstrem, kapasitas untuk pertumbuhan cepat dan reproduksi, dan usia besar - fosil tertua yang dikenal, hampir 3,5 miliar tahun, adalah fosil bakteri-seperti organisme.

Bakteri milik prokariota adalah bentuk sederhana dari sel yang memiliki ukuran diameter 1 sampai 10 pm. Karakteristik yang membedakan prokariotik ke sel eukariotik adalah inti di mana sel-sel prokariotik tidak memiliki inti atau membran nuklir adalah jelas. Bakteri memiliki struktur dua divisi yaitu:
1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri)
Termasuk: dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, DNA, dan granula penyimpanan.
2. Tambahan struktur (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu)
Termasuk: kapsul, flagelum, pilus (pili), klorosom, gas vakuola dan endospora.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar