Kamis, 10 Mei 2012

Aspek Penting Pembangunan


Sehubungandengan gerakan pembangunan nasional, yang dijalankan dengan semangat pembanguna berkelanjutan dan berwawasan linkungan, terdapat tiga aspek yang saling terkait dan saling mendukung satu sama lain. Ketiga aspek yang dimaksud adalah: aspek ekonomi, aspek sosial-budaya dan aspek lingkungan hidup3. Ketiga aspek ini saling mendukung satui sama lain dan tidak boleh diperlakukan secara berat sebelah, apalagi dipertentangkan antara satu dengan yang lainnya.

1. Bukan hanya kemajuan ekonomi
Pembangunan yang hanya mengutamakan kemajuan dalam bidang ekonomi, telah mengakibatkan kerusakan dan kehancuran kekayaan sosial-budaya dan kekayaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Telah terjadi kemiskinan yang mendalam di negara berkmbang, karena sumber daya alamnya terkuras habis untuk membayar utang kluar negerinya. Dengan merosotnya sumber daya alam membuat peningkatan kualitas hidup tidak bisa dilakukan lagi, termasuk untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan di negara-negara berkembang pada umunya. Hal lainnya adalah pengaruh langsung bagi kehancuran budaya masyarakat sekitarnya, yang sangat mengantungkan hidup pada keberadaan sumber daya alamnya. Kondisi ini mengakibatkan cara berpikir dan cara hidup orang dengan segala kekayaan budayanya juga terancam, bersama terancamnya eksistensi mereka oleh punahnya keanekaragaman hayati itu. Sehingga timbulm konflik-konflik sosial-budaya di berbagai tempat yang merupakan resiko yang harus dibayar mahal oleh diabaikannya pembangunan sosial-budaya. Ada perasaan diperlakukan secara tidak adil, termarginalisasi, dan terabaikan secara budaya, yang membuat identitas dan keunikan berbagai kelompok budaya yang ada menjadi tidak terpelihara dan akhirnya menjadi punah. Untuk itu diperlukan perubahan kebijakan dalam pembangunan nasional. Tidak boleh hanya menitikberatkan pada pembangunan ekonomi semata, melainkan juga pembangunan sosial-budaya dan lingkungan hidup sekaligus.

2. Bukan hanya mengatasi kemiskinan material
Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan, tentu saja pembangunan ekonomi merupakan suatu keharusan. Kemiskinan mempunyai dimensi yang lebih luas dari sekedar kemiskinan material ekonomis., tetapi juga menyangkut dimensi-dimensi lain seperti: sosial-budaya, spiritual, dan kualitas lingkungan hidup. Jadi, mengatasi kemiskinan tidak hanya dengan mengeksploitasi sumber daya alam dengan tujuan jangka pendek dan parsial saja. Dikarenakan ada banyak faktor yang ikut menentukan keberhasilan sebuah negara dalam mengatasi kemiskinan. Faktor itu antara lain adalah kemampuan manusia dalam menghasilkan barang dan jasa dengan nilai tambah yang tinggi. Maka peningkatan sumber daya manusia perlu di agendakan dan dilaksanakan agar tekanan pad apengandalan sumber daya alam dalam mengatasi kemiskinan , bisa diperkecil. Dengan demikian maka paradigma pembanguna berkelanjutan perlu dijadikan teori normatif, yang medesak kita untuk meninggalkan sikapkan sikap menjadikan pembangunan ekonomi sebagai satu-satunya tujuan pembangunan nasional. Dengan intregasi ketiga aspek (ekonomi, sosial-bidaya, lingkungan hidup) , kemajuan dan prestasi ekonomi yang kita capai akan lebih tepat sasaran, karena kita meletakkan dalam kerangka lingkungan hidup, dan sosial-budaya. Inilah pembangunan yang lebih menjamin peningkatan kualitas hidup manusia dalam segala dimensinya, dan sekaligus bis lebih berkelanjutan4.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar