Selasa, 08 Mei 2012

Pengertian Media Pembelajaran


Media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar (Arsyad, 2006: 3). Pengertian media menurut Djamarah dalam Kusuma (2007) (http://wijayalabs.blogspot.com ) adalah ‘alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran’. Sadiman, dkk. (2009: 19) menyatakan: Media atau bahan adalah perangkat lunak (software) berisi pesan atau informasi pendidikan yang biasanya disajikan dengan mempergunakan peralatan. Peralatan atau perangkat keras (hardware) merupakan sarana untuk dapat menampilkan pesan yang terkandung pada media tersebut (AECT, 1977).

Siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap dari manusia, materi, atau kejadian. Seperti yang dikemukakan oleh Gerlach & Ely dalam Arsyad (2006: 3) yaitu ‘media apabila dipahami seca ra garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap’. Media menurut Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of Education and communication Technology/AECT) di Amerika, yakni sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi (Munadi, 2008: 8). Media yang membawa pesan dengan tujuan instruksional maka media itu disebut media pembelajaran seperti yang dikemukakan oleh Arsyad (2006: 4) yaitu “apabila media itu membawa pesan-pesan atau i nformasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran”.

Proses belajar mengajar dengan menggunakan media tidak hanya menggunakan kata-kata, dan diharapkan hasil belajar serta pengalaman belajar menjadi lebih bermakna bagi siswa. Penggunaan media diharapkan dapat mendorong proses belajar. Ali (2008: 89) mengemukakan “media pengajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar”.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau materi yang mengandung tujuan instruksional kepada penerima pesan dalam proses pembelajaran.

Sumber: UPI

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar