Selasa, 08 Mei 2012

Klasifikasi Media Pembelajaran


Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat ini media pembelajaran sangat bervariasi sehingga diperlukan suatu pengklasifikasian media. Pengalaman erat hubungannya dengan media. Edgar Dale dalam Sudjana (2008: 107) mengemukakan 10 jenis pengalaman manusia dalam bentuk kerucut yang disebut kerucut pengalaman.

Kesepuluh jenis ini diperoleh dari berbagai sumber, yaitu sebagai berikut:
1. Pengalaman langsung yaitu pengalaman belajar yang diperoleh siswa secara langsung dengan bendanya, belajar sendiri atau mengalami sendiri sehingga hasilnya akan lebih berarti.
2. Pengalaman langsung melalui benda-benda tiruan yaitu pengalaman belajar yang diperoleh melalui benda-benda tiruan sehingga anak dapat mempelajarinya secara keseluruhan.
3. Pengalaman melalui dramatisasi yaitu pengalaman belajar yang diperoleh siswa dalam bentuk memerankan suatu peranan tertentu.
4. Pengalaman melalui demontrasi yaitu pengalaman belajar yang diperoleh siswa dengan cara melakukan kegiatan suatu proses.
5. Pengalaman melalui karyawisata yaitu pengalaman belajar yang diperoleh siswa melalui kunjungan keluar kelas.
6. Pengalaman melalui pameran yaitu pengalaman belajar yang diperoleh siswa dengan memperlihatkan benda-benda yang realistis.
7. Pengalaman melalui televisi dan gambar hidup yaitu media yang berpengaruh pada anak melalui penglihatan dan pendengaran. Pengalaman yang diperoleh siswa tidak langsung tetapi membutuhkan penghayatan yang tinggi.
8. Pengalaman melalui radio dan rekaman yaitu pengalaman yang akan diperoleh siswa ini membutuhkan pendengaran. Dengan adanya suara akan menambah wawasan siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
9. Pengalaman melalui lambang-lambang visual yaitu pengalaman yang akan diperoleh siswa ini memerlukan penghayatan dan pemikiran, sebab siswa harus menterjemahkan lambang tersebut untuk membentuk suatu pengertian.
10. Lambang kata (verbal) biasanya dapat dijumpai dalam buku, majalah, koran, dan lain-lain.

Sumber: UPI

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar