Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses belajar
mengajar untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat ini media
pembelajaran sangat bervariasi sehingga diperlukan suatu pengklasifikasian
media. Pengalaman erat hubungannya
dengan media. Edgar Dale dalam Sudjana (2008: 107) mengemukakan 10 jenis
pengalaman manusia dalam bentuk kerucut yang disebut kerucut pengalaman.
Kesepuluh jenis ini diperoleh dari berbagai sumber, yaitu sebagai
berikut:
1. Pengalaman langsung yaitu pengalaman belajar yang diperoleh siswa
secara langsung dengan bendanya, belajar sendiri atau mengalami sendiri
sehingga hasilnya akan lebih berarti.
2. Pengalaman langsung melalui benda-benda tiruan yaitu pengalaman
belajar yang diperoleh melalui benda-benda tiruan sehingga anak dapat
mempelajarinya secara keseluruhan.
3. Pengalaman melalui dramatisasi yaitu pengalaman belajar yang
diperoleh siswa dalam bentuk memerankan suatu peranan tertentu.
4. Pengalaman melalui demontrasi yaitu pengalaman belajar yang
diperoleh siswa dengan cara melakukan kegiatan suatu proses.
5. Pengalaman melalui karyawisata yaitu pengalaman belajar yang
diperoleh siswa melalui kunjungan keluar kelas.
6. Pengalaman melalui pameran yaitu pengalaman belajar yang diperoleh
siswa dengan memperlihatkan benda-benda yang realistis.
7. Pengalaman melalui televisi dan gambar hidup yaitu media yang
berpengaruh pada anak melalui penglihatan dan pendengaran. Pengalaman yang
diperoleh siswa tidak langsung tetapi membutuhkan penghayatan yang tinggi.
8. Pengalaman melalui radio dan rekaman yaitu pengalaman yang akan
diperoleh siswa ini membutuhkan pendengaran. Dengan adanya suara akan menambah
wawasan siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
9. Pengalaman melalui lambang-lambang visual yaitu pengalaman yang
akan diperoleh siswa ini memerlukan penghayatan dan pemikiran, sebab siswa
harus menterjemahkan lambang tersebut untuk membentuk suatu pengertian.
10. Lambang kata (verbal) biasanya dapat dijumpai dalam buku, majalah,
koran, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar