Rabu, 09 Mei 2012

Pengenalan E-Commerce


Pengenalan E-Commerce
E-Commerce (electronic commerce) merupakan satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran Internet dalam kehidupan kita. Banyak orang mendapatkan manfaat kemudahan berbisnis melalui Internet.
E-commerce merupakan bagian dari e-bisnis. Dimana e-commerce mengacu pada Internet untuk belanja online dan jangkauannya sempit. Sebagai sub perangkat dari e-bisnis. Cara pembayaran pada e-commerce dilakukan melalui transfer uang secara digital melalui account paypal atau kartu kredit. Sedangkan e-bisnis mengacu pada Internet tapi jangkauannya lebih luas. Hubungan bisnis terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui email akan tetapi pemasaran atau penjualan dilakukan melalui Internet. Cara ini dapat memberikan keuntungan fleksibilitas dan efisiensi. Pembayaran dilakukan melalui pembayaran digital dengan menggunakan e-gold yang sudah diakui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
E-commerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange). Layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara- negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga hand phone untuk melakukan perniagaan atau perdagangan, sekarang ini kita dapat menggunakan Internet untuk melakukan perniagaan.

Definisi E-Commerce
Definisi e-commerce yang sudah distandarkan dan disepakati bersama adalah “E-commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”. E- Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik [1]. (David Baum)
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui Internet (Commerce net) dan sejenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunkan internet sebagai media pertukaran barang atau jasa baik antar instansi atau individu dengan instansi (Net- Ready).

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar