Kamis, 10 Mei 2012

Pemanfaatan Microsoft Office PowerPoint Dalam Pembelajaran


Microsoft Office PowerPoint adalah salah satu jenis program yang tergabung dalam Microsoft Office. Microsoft Office PowerPoint merupakan program aplikasi yang dirancang khusus untuk menampilkan program multimedia. Seperti yang dikemukakan oleh Susilana dan Riyana (2008: 102): Program PowerPoint salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data (data storage).

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Microsoft Office PowerPoint merupakan perangkat lunak (software) yang mampu menampilkan program multimedia dengam menarik, mudah dalam pembuatan dan penggunaannya serta relatif murah. Microsoft Office PowerPoint memiliki kemampuan untuk menggabungkan berbagai unsur media, seperti pengolahan teks, warna, gambar, dan grafik, serta animasi.

Terdapat tiga tipe penggunaan PowerPoint yaitu personal presentation, stand alone dan web based (Susilana dan Riyana, 2008: 102). Pada umumnya Microsoft Office PowerPoint digunakan untuk presentasi dalam classical learning, karena Microsoft Office PowerPoint merupakan program aplikasi yang digunakan untuk kepentingan presentasi. Berdasarkan pola penyajian yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa Microsoft Office PowerPoint yang digunakan untuk presentasi dalam classical learning disebut personal presentation. Microsoft Office PowerPoint pada pola penyajian ini digunakan sebagai alat bantu bagi guru untuk menyampaikan materi dan kontrol pembelajaran terletak pada guru.

Pola penyajian Microsoft Office PowerPoint yang dirancang khusus untuk pembelajaran individual disebut stand alone. Pada pola penyajian ini, PowerPoint dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif. Seperti yang dikemukakan oleh Susilana dan Riyana (2008: 102): Stand Alone: pada pola penyajian ini, PowerPoint dapat dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif, meskipun kadar interaktifnya tidak terlalu tinggi namun PowerPoint mampu menampilkan feedback yang sudah diprogram.

Pada pola penyajian web based, PowerPoint diformat menjadi file web (html). Microsoft Office PowerPoint mempunyai fasilitas untuk mempublish presentasi yang dibuat menjadi web. File PowerPoint dapat diubah menjadi file exe atau swf, sehingga program presentasi yang dibuat aman dari manipulasi dan penjiplakan. Prosedur pengembangan media menggunakan Microsoft Office PowerPoint dilakukan melalui empat tahap yaitu identifikasi program, mengumpulkan bahan pendukung, proses pembuatan di Microsoft Office PowerPoint, dan penggunaan program tersebut yang sebelumnya telah dilakukan review program (Susilana dan Riyana, 2008: 103). Identifikasi program dimaksudkan untuk melihat kesesuaian antara program yang dibuat dengan materi, sasaran, dan sumber pendukung, seperti animasi, gambar, video, dan sebagainya. Mengumpulkan bahan pendukung dapat dilakukan dengan cara memproduksi sendiri bahan-bahan yang diperlukan, dan dapat dilakukan dengan cara browsing. Setelah bahan terkumpul, selanjutnya proses pengerjaan di Microsoft Office PowerPoint sampai selesai. Setelah selesai dibuat, selanjutnya dilakukan review terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sumber : UPI


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar