Jumat, 27 April 2012

Sejarah Singkat Jaringan

Pada tahun 1943 pertama kali konsep jaringan lahir di Amerika dari sebuah proyek riset Harvard University yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken dan proyek tersebut hanyalah memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk dapat dipakai bersama dalam mengerjakan program dengan proses beruntun (Batch Processing).

Tahun 1950 terciptanya jenis komputer besar dengan super komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System) . TSS bekerja dengan konsep distribusi proses berdasarkan waktu , di mana pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.

Tahun 1970 dengan super komputer menggunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing) di mana dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel dengan melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri setiap host.

Tahun 1975 pengembangan jaringan oleh pabrik komputer IBM dengan format SNA ( System Network Architecture ) yang merupa- kan protokol untuk menghubungkan beberapa tipe komputer IBM dalam bentuk suatu sistem jaringan. Dan Pabrik komputer yang lainnya seperti Sperry Univac, WANG, dan DEC juga mempunyai software communication tersendiri, misalnya DECnet. Sekarang network yang dikembangkan oleh suatu pabrik komputer dapat dihubungkan dengan komputer-komputer yang dibuat oleh pabrik lainnya, bahkan dapat menggunakan protokol yang lain, misalnya AIS Net1 ( Advanced Information System/Net 1) dikembangkan oleh AT & T pada tahun 1982.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar