Minggu, 29 April 2012

Faktor – faktor yang mempengaruhi cemburu


Menurut Herron dan Peter (2005), faktor-faktor yang mempengaruhi cemburu adalah :
a. Merasa tidak nyaman dengan diri sendiri : merasa tidak aman tentang hidup secara umum, khususnya yang berkaitan dengan hubungan antar sesama, mungkin juga karena hidup di lingkungan orang-orang yang kurang menghargai diri orang tersebut. Pencemburu bergantung pada orang lain untuk bisa merasa berguna dan harus mempunyai seseorang yang mencintainya, jika orang yang dicintai tidak memberikan perhatian lagi atau memperhatikan orang lain maka orang yang cemburu akan melakukan sesuatu untuk mencegah agar orang yang dicintai tidak meninggalkannya.
b. Kemungkinan memiliki pengalaman kehilangan di masa lalu : orang yang sangat takut ditinggalkan atau kehilangan cinta dan kasih sayang mungkin dapat berasal dari masa lalu yang pernah kehilangan, seperti kehilangan orangtua, teman atau orang yang disayangi meninggal. Ketika seseorang kehilangan orang yang dicintai maka perasaan kehilangan itu tertancap kuat dalam ingatannya dan hal ini membuatnya tidak ingin mengalaminya lagi, ketakutan kehilangan tersebut dapat membuat perasaan cemburu menjadi tidak terkendali.

Menurut Surbakti (2009), hal-hal yang dapat mempengaruhi cemburu yaitu :
a. Kehadiran pihak ketiga yang identitasnya tidak jelas, hal ini merupakan ancaman bagi pasangannya karena merasa tersaingi. Banyak para remaja yang mengakhiri masa pacaran karena pihak ketiga yang menimbulkan kesalahpahaman.
b. Kesetiaan yang meragukan : perasaan cemburu bisa disebabkan oleh kecurigaan pada pasangan terhadap komitmen bersama. Perasaan cinta para remaja seringkali timbul akibat daya tarik fisik, sehingga mudah berubah jika ada pesaing yang secara fisik lebih menarik. Hal ini menimbulkan perasaan cemburu bagi pihak yang merasa dikhianati.
c. Takut kehilangan : salah satu unsur terbesar yang sering membuat perasaan cemburu timbul adalah takut kehilangan orang yang dicintai. Kebanyakan remaja yang sedang berpacaran takut kehilangan pasangannya, seringkali remaja memaknai kehilangan pacar sebagai kekalahan yang memalukan dan kehilangan harga diri. Maka dari itu, setiap ancaman yang berpontensi mengganggu kelanggengan hubungan akan menimbulkan perasaan cemburu.
d. Berkaitan dengan kepribadian : perasaan cemburu berkaitan dengan kepribadian seseorang, beberapa remaja memiliki kepribadian yang sangat sensitif bahkan labil, sehingga mudah terpengaruh isu atau kabar yang belum tentu benar. Situasi ini menimbulkan perasaan cemburu yang berlebihan.

Sumber: UMS  

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar