Sabtu, 28 April 2012

Fungsi Kredit


Fungsi Kredit
a. Meningkatkan daya guna barang
Pemberian kredit dapat meningkatkan daya guna barang dengan cara: 1. para pengusaha mempr oduksi barang dari bahan baku menjadi barang siap pakai, dengan meminjam uang dari lembaga keuangan; 2. para pengusaha menjual barang dengan cara kredit sehingga barang menjadi lebih murah sampai ke tangan konsumen.
b. Meningkatkan daya guna uang
Daya guna uang dapat ditingkatkan dengan cara pemilik uang atau modal meminjamkan uangnya kepada pengusaha yang kekurangan modal melalui lembaga keuangan.
c. Meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang
Peredaran dan lalu lintas uang dapat terlaksana jika kredit disalurkan melalui r ekening giro bank karena rekening giro dapat menimbulkan uang giral.
d. Menstabilkan moneter
Stabilitas moneter dapat terlaksana dengan pemberian kredit yang selektif, terarah, dan ber dasarkan prioritas sehingga jumlah uang yang ber edar dapat diatur melalui politik tingkat bunga dan rasio kas bank.
e. Meningkatkan kegairahan berusaha
Perusahaan yang memperoleh kredit dari bank dapat meningkatkan usahanya dan meningkatkan produktivitas, dan akhirnya meningkatkan laba.
f. Meratakan pendapatan
Peningkatan kesempatan berusaha dengan penambahan proyek-proyek baru yang berasal dari kredit membutuhkan tambahan tenaga kerja. Secara tidak langsung kredit menyebabkan semakin banyak tenaga kerja yang memperoleh pendapatan. Di samping itu, para penabung akan memperoleh bunga atas tabungannya.
g. Memperluas hubungan internasional
Negara maju cenderung mempunyai tabungan yang tinggi sehingga dapat memberi pinjaman kepada negara-negara yang sedang berkembang. Selain itu, para pengusaha di negara maju dapat bekerja sama dengan negara yang sedang berkembang dengan memberi kr edit, dan hal ini dapat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

Sumber:bse

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar