Sabtu, 28 April 2012

Macam-MACAM WEB BROWSER


Internet Explorer (IE)
Versi : Versi 5.0, Versi 5.5, Versi 6.0, Versi 7.0, Versi 8,0, IE8 Beta, IE Tester
Vendor : Microsoft
Engine : Trident
Internet Explorer adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft dan merupakan browser web yang paling banyak digunakan. Kelemahan utama IE adalah pada masalah security (tidak aman). Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload secara otomatis dan dipasang untuk meng-update browsernya. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.

Mozilla Firefox
Versi : Mozilla 1.4, Mozilla 1.4.1, Mozilla 1.5 Alpha, Mozilla 1.5 Beta, Mozilla 1.5 RC1, Mozilla 1.5 RC2, Mozilla 1.5, Mozilla 1.8 Alpha 5, Mozilla 1.5.1, Mozilla 1.6 Alpha, Mozilla 1.6 Beta, Mozilla 1.6, Mozilla 1.7 Alpha, Mozilla 1.7 Beta, Mozilla 1.7 RC1, Mozilla 1.7 RC2, Mozilla 1.7 RC3, Mozilla 1.7, Mozilla 1.7.1, Mozilla 1.7.2, Mozilla 1.7.3, Mozilla 1.8 Alpha 1, Mozilla 1.8 Alpha 2, Mozilla 1.8 Alpha 3, Mozilla 1.8 Alpha 4,
Vendor : Mozilla Corporation
Engine : Gecko
Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Firefox memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Mesin pencari terkenal seperti Google juga telah “digunakan” oleh Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Browser juga dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Selain cepat, fitur keamanan Firefox lebih andal dibandingkan IE. Setting browser internet pun bisa diatur dengan lebih leluasa.
Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan browser. Pengguna dapat mengustomisasi Firefox secara spesifik. Seperti membuka e-mail saat browser diaktifkan dan memblok seluruh iklan pop up.

Opera
Versi : Versi 5.0, versi 6.0, versi 7.0, Opera 9.5, Alpha Opera 10
Vendor : Opera Software yang terletak di Oslo Norwegia
Engine : Carakan
Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain. Kelebihan lain browser Opera adalah terdapat tabs yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Opera juga menyertakan penyaring pop up untuk menangkal iklan pop up yang menjengkelkan. Fitur lain, seperti mesin pencari Google yang sudah built-in dan penghitung waktu yang diperlukan hingga halaman web membuka sempurna. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk mMicrosoft Windows, Mac OS X , Solaris,Free BSD dan Linux.
Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.

Google Chrome
Versi : Beta untuk Windows XP/Vista
Vendor : Google
Engine : Webkit
Google melancarkan web browser dengan meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.

Lunascape
Versi : versi 5, Lunascape 5 Alpha yang hanya berbasis Windows
Vendor : Lunascape Corp., sebuah perusahaan software yang berpusat di Tokyo
Engine : Gecko, Trident, Webkit
Lunascape, sebuah browser baru yang mampu menangani tiga redenring engine terbesar, yakni Firefox Gecko, Internet Explorer Trident dan WebKit, yang bisa digunakan di Safari dan Chrome. Lunascape 5 merupakan alternative browser bagi user yang ingin menggunakan Firefox, namun tetap memakai Internet Explorer sebagai browser kedua, ketika Firefox yang mereka gunakan mengalami masalah, sebagai contoh untuk halaman web yang hanya support dengan IE. Kini telah hadir Lunascape 5 Alpha yang hanya berbasis Windows dan akan menjadi browser berbahasa Inggris pertama, setelah bahasa Jepang yang dimulai tahun 2001. Namun, sayangnya Lunascape 5 versi alpha ini belum support dengan add-on Firefox, walaupun untuk IE sudah cukup support. Browser ini juga belum bisa secara otomatis menunjukkan engine mana yang terbaik untuk web page, sebuah fitur yang mungkin baru terlaksana di versi berikutnya.

Safari
Versi : Safari 3, Safari 4 Beta
Vendor : Apple
Engine : Webkit
Safary adalah browser milik Apple. Apple memasang Nitro Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah mesin JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan JavaScript pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat. Kecepatannya melesat dibandingkan Internet Explorer dan tiga kali lebih cepat dibandingkan browser Mozilla, Firefox 3. Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan performa HTML (HyperText Markup Language) di browser ini sehingga kemampuan membuka halamannya tiga kali lebih cepat dibanding Internet Explorer 7 maupun Firefox. Satu-satunya yang mampu mengejar Safari 4 Beta adalah Chrome 1.0. Browser yang dikembangkan ini, meski masih lebih lambat dari Safari 4 tetapi menunjukkan hasil yang tidak terlalu jauh jaraknya.

Sumber: nn

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar