Minggu, 06 Mei 2012

Kriteria Pemilihan Media pembelajaran


Dalam memilih media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kriteria-kriteria pemilihan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa di kelas. Beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran adalah ketepatan dengan tujuan pengajaran, sesuai dengan isi bahan ajar, kemudahan dalam memperoleh media, keterampilan guru dalam menggunakan media, waktu yang tersedia cukup, dan sesuai dengan taraf berfikir siswa. Ketepatan dengan tujuan pengajaran, artinya media yang akan digunakan dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan digunakannya media pengajaran (Sudjana dan Rivai, 2005: 5).

Sesuai dengan isi bahan ajar, artinya bahan pelajaran yang bersifat fakta, prinsip, konsep, dan generalisasi sangat memerlukan media agar lebih mudah dipahami siswa. Kemudahan dalam memperoleh media, artinya media yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar oleh guru mudah diperoleh atau mudah dibuat. Keterampilan guru dalam menggunakan media, artinya guru dapat menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar. Sudjana dan Rivai (2005: 5) mengemukakan bahwa “adanya OHP, proyektor film, kom puter, dan alat-alat canggih lainnya, tidak mempunyai arti apa-apa, bila guru tidak dapat menggunakannya dalam pengajaran untuk mempertinggi kualitas pengajaran.” Hal tersebut mengungkapkan bahwa media secanggih apapun tidak akan mempunyai arti dalam pengajaran, apabila guru tidak dapat menggunakannya.

Waktu yang tersedia cukup, artinya media yang akan digunakan dapat bermanfaat bagi siswa selama kegiatan belajar mengajar. Sedangkan sesuai dengan taraf berfikir siswa, artinya media yang digunakan sesuai dengan taraf berfikir siswa. Sudjana dan Rivai (2005: 5) memberikan contoh yaitu “menyajikan grafik yang berisi data dan angka atau proporsi dalam bentuk persen bagi siswa SD kelas-kelas rendah tidak ada manfaatnya. Mungkin lebih tepat dalam bentuk gambar atau poster”. Sadiman, dkk. (2009: 84) mengemukakan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media, yaitu: …tujuan instruksional yang ingin dicapai, karakteri stik siswa atau sasaran, jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual, gerak, dan seterusnya), keadaan latar atau lingkungan, kondisi setempat, dan luasnya jangkauan yang ingin dilayani.

Rusman (2008: 99) mengemukakan beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran, yaitu:
1. Ketepatannya dengan tujuan/kompetensi pembelajaran.
2. Dukungan terhadap isi materi pelajaran.
3. Kemudahan mendapatkan media.
4. Keterampilan guru menggunakannya.
5. Tersedia alokasi waktu untuk menggunakannya.
6. Memilih media pembelajaran harus sesuai dengan taraf berfikir dan perkembangan siswa.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu media diperlukan kriteria-kriteria yang harus dipertimbangkan. Dengan adanya kriteria dalam pemilihan media diharapkan dapat mempermudah untuk menentukan media mana yang tepat untuk digunakan.

Sumber: bse

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar