Dalam memilih media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar harus
memperhatikan kriteria-kriteria pemilihan media yang sesuai dengan kebutuhan
siswa di kelas. Beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran adalah ketepatan
dengan tujuan pengajaran, sesuai dengan isi bahan ajar, kemudahan dalam memperoleh
media, keterampilan guru dalam menggunakan media, waktu yang tersedia cukup,
dan sesuai dengan taraf berfikir siswa.
Ketepatan dengan tujuan pengajaran, artinya media yang akan digunakan
dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan
instruksional yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis
lebih memungkinkan digunakannya media pengajaran (Sudjana dan Rivai, 2005: 5).
Sesuai dengan isi bahan ajar, artinya bahan pelajaran yang bersifat
fakta, prinsip, konsep, dan generalisasi sangat memerlukan media agar lebih
mudah dipahami siswa. Kemudahan dalam
memperoleh media, artinya media yang akan digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar oleh guru mudah diperoleh atau mudah dibuat. Keterampilan guru dalam
menggunakan media, artinya guru dapat menggunakan media dalam kegiatan belajar
mengajar. Sudjana dan Rivai (2005: 5) mengemukakan bahwa “adanya OHP, proyektor
film, kom puter, dan alat-alat canggih lainnya, tidak mempunyai arti apa-apa,
bila guru tidak dapat menggunakannya dalam pengajaran untuk mempertinggi
kualitas pengajaran.” Hal tersebut mengungkapkan bahwa media secanggih apapun
tidak akan mempunyai arti dalam pengajaran, apabila guru tidak dapat menggunakannya.
Waktu yang tersedia cukup, artinya media yang akan digunakan dapat
bermanfaat bagi siswa selama kegiatan belajar mengajar. Sedangkan sesuai dengan
taraf berfikir siswa, artinya media yang digunakan sesuai dengan taraf berfikir
siswa. Sudjana dan Rivai (2005: 5) memberikan contoh yaitu “menyajikan grafik
yang berisi data dan angka atau proporsi dalam bentuk persen bagi siswa SD
kelas-kelas rendah tidak ada manfaatnya. Mungkin lebih tepat dalam bentuk
gambar atau poster”. Sadiman, dkk.
(2009: 84) mengemukakan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam
memilih media, yaitu: …tujuan instruksional yang ingin dicapai, karakteri stik
siswa atau sasaran, jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual,
gerak, dan seterusnya), keadaan latar atau lingkungan, kondisi setempat, dan
luasnya jangkauan yang ingin dilayani.
Rusman (2008: 99) mengemukakan beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran,
yaitu:
1. Ketepatannya dengan tujuan/kompetensi pembelajaran.
2. Dukungan terhadap isi materi pelajaran.
3. Kemudahan mendapatkan media.
4. Keterampilan guru menggunakannya.
5. Tersedia alokasi waktu untuk menggunakannya.
6. Memilih media pembelajaran harus sesuai dengan taraf berfikir dan
perkembangan siswa.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu media diperlukan kriteria-kriteria yang harus
dipertimbangkan. Dengan adanya kriteria dalam pemilihan media diharapkan dapat
mempermudah untuk menentukan media mana yang tepat untuk digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar