Uno (2008 : 15) mengungkapkan, pada
dasarnya perubahan perilaku yang dapat ditunjukkan oleh peserta didik harus
dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh
seorang guru. Atau dengan perkataan lain, guru mempunyai pengaruh terhadap
perubahan perilaku peserta didik. Untuk itulah guru harus dapat menjadi contoh
(suri teladan) bagi peserta didik, karena pada dasarnya guru adalah
representasi dari sekelompok orang pada suatu komunitas atau masyarakat yang
diharapkan dapat menjadi teladan, yang dapat digugu dan ditiru. Seorang guru
sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang dapat ditunjukkan oleh peserta
didiknya. Untuk itu, apabila seseorang ingin menjadi guru yang profesional maka
sudah seharusnya ia dapat selalu meningkatkan wawasan akademis dan praktis
melalui jalur pendidikan berjenjang atau pun up grading dan/atau pelatihan yang
bersifat in service training dengan rekan-rekan sejawatnya. Perubahan dalam
cara mengajar guru dapat dilatihkan melalui peningkatan kemampuan mengajar
sehingga kebiasaan lama yang kurang efektif dapat segera terdeteksi dan
perlahan-lahan dihilangkan.
Untuk itu, maka perlu adanya perubahan
kebiasaan dalam cara mengajar guru yang diharapkan akan berpengaruh pada cara
belajar siswa, diantaranya sebagai berikut.
a. Memperkecil kebiasaan cara guru baru (calon
guru) yang cepat merasa puas dalam mengajar apabila banyak menyajikan informasi
(ceramah) dan terlalu mendominasi kegiatan belajar peserta didik.
b. Guru hendaknya berperan sebagai
pengarah, pembimbing, pemberi kemudahan dengan menyediakan berbagai fasilitas
belajar, pemberi bantuan bagi peserta didik yang mendapat kesulitan belajar,
dan pencipta kondisi yang merangsang dan menantang peserta didik untuk berpikir
dan bekerja (melakukan).
c. Mengubah dari sekedar metode ceramah
dengan berbagai variasi metode yang lebih relevan dengan tujuan pembelajaran,
memperkecil kebiasaan cara belajar peserta didik yang baru merasa belajar dan
puas kalau banyak mendengarkan dan menerima informasi (diceramahi) guru, atau
baru belajar kalau ada guru.
d. Guru hendaknya mampu menyiapkan berbagai
jenis sumber belajar sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri dan
berkelompok, percaya diri, terbuka untuk saling memberi dan menerima pendapat
orang lain, serta membina kebiasaan mencari dan mengolah sendiri informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar