Senin, 07 Mei 2012

Posisi Pasar ( Market Positioning)


Strategi positioning merupakan strategi komunikasi, bukan merupakan strategi produk dan merupakan hasil persepsi tentang suatu produk atau merek yang dikomunikasikan kepada konsumen. Strategi positioning sangat berhubungan erat dengan bagaimana konsumen menempatkan produk perusahaan dalam ingatan mereka, sehingga konsumen yang ditargetkan dari segmen yang dipilih, memiliki penilaian tertentu dan mengidentifikasikan dirinya dengan produk tersebut.

Positioning sangat berhubungan erat dengan bagaimana konsumen memproses informasi. Konsumen diberikan informasi secara terus-menerus mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka tidak dapat mengevaluasi ulang produk setiap kali mereka harus membuat keputusan membeli. Namun untuk menyederhanakan proses pembelian, konsumen mengorganisasikan produk menjadi kategori. Mereka memposisikan produk, jasa, dan perusahaan dalam benak mereka. Posisi adalah tempat acuan tertentu dalam benak konsumen, suatu tempat yang pada umumnya dikaitkan relatif terhadap pesaing. Strateginya adalah mencari satu atau beberapa karakteristik yang dapat digunakan untuk membedakan produk atau merek dari pesaing. Strategi positioning adalah manajemen memilih produk (merk) yang berarti dan diperoleh dari kebutuhan pembeli dalam pasar sasaran. Pemilihan strategi positioning ini memerlukan informasi mengenai keinginan, kebutuhan, dan persepsi konsumen terhadap merek pesaing.

Czinkota dan Ronkainen (2001: 125) menyatakan bahwa pemposisian adalah tindakan mendesain penawaran dan citra perusahaan sehingga target pasar mengetahui dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitan perbedaan-perbedaan dengan pesaing.

Strategi positioning merupakan kombinasi tindakan pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan strategi positioning kepada pembeli yang dituju. Strategi ini meliputi produk fisik, jasa pendukung, saluran distribusi, harga dan kegiatan promosi. Sedangkan posisi merek ditentukan oleh persepsi pembeli terhadap strategi positioning perusahaan, bauran produk, lini produk khusus atau merk tertentu walaupun positioning ini seringkali berpusat pada tingkatan merek saja. Efektivitas positioning melihat pada bagian manajemen mencapai tujuan posisi dalam pasar. Strategi positioning menggambarkan persepsi atau asosiasi yang diinginkan manajemen dari pembeli pasar sasaran terhadap perusahaan dan produknya.

Pemilihan strategi penentuan merupakan langkah penting pertama dalam menentukan posisi merek. Strategi positioning ini adalah arti umum yang di mengerti oleh konsumen dalam kaitannya dengan kebutuhan dan preferensi. Strategi positioning adalah kombinasi tindakan bauran pemasaran yang melengkapi strategi produk (merek) dalam hal memposisikan produk secara spesifik bagi sasaran pembelinya.

Setiap strategi positioning memberikan penampilan dan keterbatasan yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, positioning terhadap pesaing yang bersifat langsung dapat dilihat secara nyata namun hal ini akan mendorong pesaing untuk melakukan tindakan agresif. Evaluasi dan pengujian strategi perlu dilakukan untuk menilai strategi positioning yang diusulkan.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar