Sabtu, 07 April 2012

Faktor-faktor pendorong interaksi social


Faktor-faktor pendorong interaksi social:
    1. Imitasi: Mengikuti seseorang, namun tidak begitu berpengaruh kepada individu yang meniru, tidak menjadi idealitas bagi penirunya, hanya sekedar meniru gaya bicara, gaya hidup, dan hal-hal lainnya, contoh: Seorang anak yang mengikuti gerakan ayahnya menyetir mobil.
    2. Sugesti: Pemberian pengaruh oleh komunikator, yang diterima oleh komunikan dengan apa adanya tanpa adanya gugatan kritis, hal ini terjadi karena:
                                                               i.      Faktor pemberi pengaruh:
1.      Orang karismatik.
2.      Berkedudukan tinggi.
3.      Mayoritas.
4.      Iklan atau reklame.
                                                             ii.      Faktor penerima pengaruh:
1.      Tidak kritis.
2.      Pemikiran disosiasi atau terpecah-pecah.
3.      Ragu-ragu berpendapat dan pendapat searah.
    1. Identifikasi: Keinginan untuk mengikuti sosok yang dianggap idealitas yang disebut sebagai idola, hal ini akan mempengaruhi seseorang dalam bertingkah laku dan dalam pola hidup, bahkan dapat membentuk sosok seseorang di masa depan dengan meniru sosok yang ideal.
    2. Motivasi: Pemberian pengaruh berupa dorongan untuk melakukan sesuatu. Ada motivasi dari dalam diri dan motivasi dari luar. Lebih penting motivasi dari dalam diri.
    3. Simpati: Menyukai orang lain, dalam hal ini juga menerima orang lain apa adanya, dan percaya dalam kekerabatan, ikut merasakan apa yang dia rasakan.
    4. Empati: Simpati yang mendalam, membuat seseorang ikut merasakan sesuatu yang dirasakan orang lain, hingga sangat menghayati bahkan apabila menangis ikut menangis pula.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar