Sabtu, 07 April 2012

PENGERTIAN SEJARAH

 PENGERTIAN SEJARAH

Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masa lalu. Adapun kata “ sejarah “ dalam bahasa Indonesia itu berasal dari bahasa Arab Syajarotun , yang berarti pohon. Penggunaan kata Arab itu sendiri  dalam konteks masa lalu mengacu sebagai syajarah an-nasab, atau pohon silsilah.hal ini diartikan sama dengan sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sangat sederhana ke tingkat yang lebih kompleks, itulah sebabnya sejarah diumpamakan menyerupai perkembangan sebuah pohon  yang terus berkembang dari akar sampai ranting yang terkecil. Demikian juga pohon memiliki akar yang jika digambarkan perkembangan akar sama dengan silsilah dalam sejarah, akan tetapi dalam bahasa Arab sendiri ilmu yang mempelajarari kisah-kisah pada masa lalu disebut Tarikh.
Sedangkan dalam bahasa Inggris sejarah adalah History yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani Historia  (baca: Istorya) yang berarti ilmu, dalam perkembangannya kata Historia diperuntukan  bagi pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai manusia secara kronologis. Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut dengan Geschichte , yang berarti sesuatu yang telah terjadi.
Para ahli sejarah memberikan pengertian atau definisi yang bermacam-macam tentang sejarah, walaupun pada hakekatnya hampir sama. Beberapa pengertian sejarah menurut para ahli adalah sebagai berikut :

a.      Herodotus (484-425 SM)
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herodotus dikenal sebagai sejarawan pertama dunia berkebangsaan Yunani. Oleh karena itu, ia mendapat julukan The Father of History atau Bapak Sejarah Dunia.

b.      Ibnu Kholdun (1332-1406)
Dalam bukunya berjudul Mukadimah, Ia mendefinisikan sejarah adalah “catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu “.

c.       Edward Harllot Carr
Sejarah adalah suatu proses interaksi antara serawan dengan fakta-fakta yang ada padanya;suatu dialog yang tiada henti-hentrinya antara masa sekarang dengan masa silam. Interaksi dalam pengertian ini aialah bahwa sejarawan merupakan orang yang merekontruksi peristiwa sejarah, untuk merekontruksi tersebut, maka sejarawan menggunakan fakta-fakta sebagai sumbernya.

d.      Robert V. Daniel
Sejarah ialah kenangan dari tumpuan masa silam. Kenangan yang dimaksud disini adalah hal-hal yang ditangkap oleh memori manusia terhadap peristiwa yang ia lihat . Apa yang ia lihat dapat menjadi tumpuan dalam mengetahui peristiwa itu.

e.       J.Bank
Menyatakan bahwa semua peristiwa/kejadian masa lampau adalah sejarah; sejarah sebagai kenyataan. Menurut pendapatnya pula, sejarah dapat membantu para siswa untuk memahami manusia perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang.

f.       R. Moh. Ali
Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia , Ia menegaskan kata sejarah mengandung arti sebagai berikut :
1)      Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita
2)      Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut
3)      Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut

Berdasarkan beberapa pengertian dari para ahli sejarah tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum pengertian sejarah adalah sebagai berikut :
a)      Peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia sebagai mahkluk social.
b)      Cerita, kisah atau catatan tentang peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan atau sumber-sumber sejarah.
c)      Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
d)     Sejarah merupakan studi tentang manusia sebagai individu maupun kelompok dalam konteks ruang dan waktu.
e)      Sejarah adalah studi tentang kehidupan masyarakat yang senantiasa mengalami perubahan

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar