Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sabtu, 07 April 2012

Ciri-ciri Utama Sejarah

Ciri-ciri Utama Sejarah

Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan metode-metode serta standar-standar tertentu. Mempelajari sejarah merupakan suatu jenis berpikir secara historis.
Cara berpikir sejarah berbeda dengan cara berpikir ilmu pengetahuan alam. Alasannya, cara berpikir sejarah akan selalu berkaitan dengan masa lampau, sedangkan ilmu pengetahuan alam akan berkaitan dengan masa sekarang. Perhatian sejarah terfokus pada pengalaman dan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh manusia, serta peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam lingkup manusia. Sebagai suatu studi, sejarah meneliti sepanjang kehidupan manusia, yaitu sejak manusia pertama kali muncul di bumi ini hingga sekarang.
Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, unik dan penting
o   Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak pernah berubah-ubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.
o   Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya
o   Peristiwa penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang  penting dan dapat dijadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar