Selasa, 01 Mei 2012

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang memadukan secara interdisplin konsep-konsep ilmu sosial dan kemanusiaan (humaniora) dengan tujuan memberikan pendidikan kewarganegaraan. Hal-hal yang dipelajari dalam IPS antara lain aspek-aspek politik, ekonomi, budaya dan lingkungan dari masyarakat di masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang untuk membantu pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan warga negara di masyarakat yang demokratis. 

IPS merupakan subjek materi dalam pendidikan di Indonesia yang diarahkan bukan hanya kepada pengembangan penguasaan ilmu
-ilmu sosial saja, tetapi juga sebagai materi yang dapat mengembangkan kompetensi dan tanggung jawab, baik sebagai individu, sebagai warga masyarakat, maupun sebagai warga dunia.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial atau social studies menurut beberapa ahli antara lain :
1. Jarolimek (1977) (dalam Sardjiyo 2008 : 1.25) mengisyaratkan bahwa studi sosial lebih bersifat praktis, yaitu memberikan kemampuan kepada anak didik dalam mengelola dan memanfaatkan kekuatan- kekuatan fisik dan sosial dalam menciptakan kehidupan yang serasi. Studi sosial ini juga mempersiapkan anak didik untuk mampu memecahkan masalah sosial dan memiliki keyakinan akan kehidupan masa datang.
2. A. Sanusi (1971) mengungkapkan studi sosial diajarkan dan dipelajari sejak dari pendidikan rendah/SD-SMA dengan lebih menitikberatkan pada masalah-masalah yang dapat dibahas dengan meninjau berbagai sudut yang ada hubungannya satu sama lain.
3. Somantri (2001) (dalam Sapriya 2007 : 10) berpendapat bahwa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial untuk tingkat sekolah dasar dapat diartikan sebagai :
(1) Pendidikan IPS yang menekankan pada tumbuhnya nilai-nilai kewarganegaraan, moral ideologi negara dan agama;
(2) Pendidikan IPS yng menekankan pada isi dan metode berpikir keilmuan sosial;
(3) Pendidikan IPS yang menekankan pada “reflektive inquiry”; dan
(4) Pendidikan IPS yang mengambil kebaikan-kebaikan dari butir 1, 2, 3 di atas.

Dari ketiga pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial atau Social Studies di atas dapat disimpulkan sebagai berikut : IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisa gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu.

Sumber: UPI

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar