Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Kamis, 12 April 2012

Ekosistem Pegunungan

Wilayah Indonesia mempunyai kurang lebih 400 gunung dan 129 diantaranya merupakan gunungapi atau 13% dari jumlah gunungapi di seluruh dunia. 

Fungsi Ekosistem Pegunungan :
       Bagian hulu dari DAS merupakan daerah pegunungan yang sangat penting bagi pengendali tata air. Saat ini terdapat lebih dari 49 DAS utama di Indonesia dalam kondisi yang memprihatinkan.
       Sebagai habitat keanekaragaman hayati dan dalam menjaga stabilitas iklim regional.  Indonesia merupakan negara mega biodiversity yang ketiga setelah Brasil dan Zaire.
      Udara yang bersih dan sejuk, keindahan dan keunikan alamnya serta budaya masyarakat pegunungan merupakan potensi bagi pengembangan ekowisata  yang dijadikan sebagai pariwisata unggulan.
       Menyimpan berbagai potensi sumberdaya energi dan mineral, seperti  untuk pembangunan listrik tenaga air, pertambangan emas dan tembaga.
      Tanahnya yang sangat subur menjadikan ekosistem pegunungan banyak  memberikan hasil hutan dan pertanian.

Dari berbagai potensi ekosistem pegunungan tersebut, tidak jarang dalam pemanfaatannya dilakukan dengan cara-cara yang salah dan seringkali terjadi konflik kepentingan. Keadaan ini akan mengakibatkan terganggunya fungsi ekosistem pegunungan bagi manusia dan lingkungan di bawahnya.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar