Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Kamis, 12 April 2012

Sumber Energi Terbarui

Sumber energi terbarui dapat digunakan tanpa batas waktu dan tidak akan pernah habis karena dapat dipulihkan dalam waktu relatif singikat, misalnya. tenaga air (karena terjadinya siklus air) atau panas bumi dan sinar matahari langsung.

  1. Tenaga Air
Air yang mengalir dapat digunakan sebagai sumber energi gunamendapatkan energi gerak (kincir air) atau energi listrik (PLTA).Pada pembangkit listrik tenaga air, sebuah turbin yang dialiri air dapat mengaktifkan sebuah generator, yang menghasilkan energi listrik.
n  Untuk PLTA yang dapat menghasilkan energi listrik besar, harus dibuat sebuah bendungan air dengandalam bentuk sebuah danau yang dapat menampung banyak air , sehingga mampu menggerakkan sebuah turbin.

n  Keuntungan dari pembuatan bendungan adalah untuk memperbesar volume air yang digunakan menggerakkan turbin, karenanya energi listrik yang dihasilkan juga besar. Sedangkan untuk membuat bendungan, terkadang harus dilakukan penggusuran lahan maupun pemukimamn. penduduk.

2. Panas Bumi

n  Panas bumi adalah sumber energi yang berasal dari dalam perut bumi. Secara alami, di dalam bumi terdapat energi panas yang mengalir (magma) ke permukaan bumi dimana terdapat gunung berapi.
n  Jadi panas bumi ini dapat dimanfaatkan dalam bentuk uap panas yang langsung dapat digunakan sebagai sumber energi, misalnya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).
n  Panas bumi adalah sumber energi yang tidak dapat dipindahkan (dialirkan), karena itu PLTP harus dibangun di daerah dimana terdapat gunung berapi.
n  Di Indonesia terdapat banyak gunung berapi, oleh karena itu sangat tepat bila digunakan panas bumi sebagai sumber energi.

3. Biomassa

n  Biomassa adalah keseluruhan makhluk (hidup atau mati), misalnya tumbuh-tumbuhan, binatang, mikroorganisme dan bahan organik (termasuk sampah organik).
n  Unsur utama dari biomassa adalah bermacam-macam zat kimia (molekul) yang sebagian besar mengandung atom karbon (C).
n  Bila kita membakar biomassa, karbon tersebut dilepaskan ke udara dalam bentuk karbon dioksida (CO2).
n  Selain dari pembakaran biomassa, CO2 juga dapat dihasilkan dari proses pembusukan oleh mikroorganisme.
n  Untuk selanjutnya CO2 tersebut akan digunakan oleh tanaman dalam proses fotosintesis. Proses pelepasan dan penggunaan CO2 itu disebut Siklus Karbon.

Biomassa dapat digunakan untuk:
1. Makanan ternak
2. Bahan bakar
3. Biogas
Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses pembusukan bahan-bahan organik (misalnya, sampah organik, kotoran hewan) oleh mikroorganisme. Unsur utama dari biogas adalah gas metana (CH4) dan sisanya antara lain karbon dioksida (CO2), nitrogen dioksida (NO2), sulfur dioksida (SO2). Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar.

4. Sampah Organik

n  Sampah Organik adalah sampah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Bila sampah organik dikumpulkan secara terpisah, sampah tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan biogas. Biogas dapat menghasilkan energi listrik (PLTG) dan energi panas (kompor biogas).

5. Tenaga Angin

n  Tenaga angin dapat dimanfaatkan, misalnya untuk mendorong kapal layar, menggerakkan mesin atau untuk menghasilkan energi listrik (misalnya, kincir angin).
n  Untuk menggerakkan kincir angin diperlukan kecepatan angin rata-rata 4 m/s dalam setahun. Di Indonesia kondisi ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Nusa Tenggara.
n  Di antara energi terbarui, tenaga angin dan tenaga air saat ini merupakan energi yang paling hemat biaya.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar