Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sabtu, 21 April 2012

Definisi dan Manfaat Manajemen

Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang definisi manajemen di antaranya :

a Menurut James S.F. Stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

b Menurut Henry Fayol, dalam bukunya General Industrial Management, manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasi- kan, menggerakkan sumber daya manusia dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

c. Menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan tenaga manusia dengan bantuan alat lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

d Menurut Thomas H. Nelson, manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

e. Menurut Drs. Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan (pengontrolan) sumber daya manusia dan sumber daya alam (terutama sumber daya manusia) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.

Dari beberapa definisi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan para anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan lebih dahulu. Dengan demikian manajemen mempunyai beberapa pokok pikiran penting, yaitu:
a. berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya,
b. merupakan kerja sama sekelompok orang,
c. merupakan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan seni,
d. dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol dan konsisten serta,
e. adanya pembagian kerja secara jelas dan tegas.

Manfaat Manajemen

Pada dasarnya semua organisasi membutuhkan manajemen. Dalam organisasi modern seperti saat sekarang peranan manajemen sangat penting karena tanpa manajemen semua rencana yang telah ditetapkan tidak bisa terlaksana dengan baik.

Menurut T. Hani Handoko terdapat tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan.
a Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan, baik perusahaan maupun pribadi.
b Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Tujuan yang terdapat dalam satu organisasi tidak hanya satu melainkan mencakup banyak tujuan, baik tujuan pribadi maupun kelompok. Manajemen membantu menciptakan keseimbangan di antara tujuan-tujuan tersebut.
c Untuk mencapai efisien dan efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sementara efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar