Pengenalan E-Commerce
E-Commerce (electronic commerce) merupakan satu teknologi yang berkembang
pesat seiring dengan kehadiran Internet dalam kehidupan kita. Banyak orang
mendapatkan manfaat kemudahan berbisnis melalui Internet.
E-commerce merupakan bagian dari e-bisnis. Dimana e-commerce mengacu pada
Internet untuk belanja online dan jangkauannya sempit. Sebagai sub perangkat
dari e-bisnis. Cara pembayaran pada e-commerce dilakukan melalui transfer uang
secara digital melalui account paypal atau kartu kredit. Sedangkan e-bisnis
mengacu pada Internet tapi jangkauannya lebih luas. Hubungan bisnis terjadi
ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui
email akan tetapi pemasaran atau penjualan dilakukan melalui Internet. Cara ini
dapat memberikan keuntungan fleksibilitas dan efisiensi. Pembayaran dilakukan
melalui pembayaran digital dengan menggunakan e-gold yang sudah diakui di
seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
E-commerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange).
Layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara- negara yang
mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita sering
menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga hand phone untuk
melakukan perniagaan atau perdagangan, sekarang ini kita dapat menggunakan
Internet untuk melakukan perniagaan.
Definisi E-Commerce
Definisi e-commerce yang sudah distandarkan dan disepakati bersama adalah
“E-commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business
process that link enterprise, consumers, and communities through electronic
transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”.
E- Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis
yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang
dilakukan secara elektronik [1]. (David Baum)
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan proses
pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui
Internet (Commerce net) dan sejenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus
pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunkan internet sebagai
media pertukaran barang atau jasa baik antar instansi atau individu dengan
instansi (Net- Ready).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar