Sabtu, 21 April 2012

Keragaman Budaya di Indonesia

Keragaman suku bangsa yang terdapat di Indonesia melahirkan keragaman budayanya. Secara umum, kebudayaan yang terdapat di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional.

a. Kebudayaan Daerah
Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah- daerah yang ada di Indonesia dan memiliki ciri khas serta karakteristik tertentu. Kebudayaan daerah akan tampak pada setiap suku bangsa yang ada di Indonesia, misalnya budaya orang Sunda yang terkenal lemah lembut akan berbeda dengan budaya orang Batak yang terkenal keras.
Kebudayaan daerah biasanya tumbuh dan berkembang pada suatu masyarakat tertentu sebagai hasil interaksi antara suku bangsa yang satu dan yang lainnya. Kebudayaan daerah biasanya akan tampak dari kesenian, tradisi, dan kepercayaannya masing-masing.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa, kebudayaan daerah biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1) bersifat khas kedaerahan;
2) setiap daerah memiliki sistem kekerabatan yang khusus;
3) setiap daerah memiliki pakaian daerah;
4) setiap daerah memiliki bahasa daerah.

b. Kebudayaan Nasional
Kebudayaan nasional dibentuk dari kebudayaan daerah yang tumbuh dan berkembang secara nasional. Kebudayaan nasional terlahir sebagai akibat berdirinya negara kesatuan.
Republik Indonesia.
Berikut merupakan contoh kebudayaan daerah yang diakui sebagai kebudayaan nasional di Indonesia.
1) Pakaian kain kebaya; pakaian kebaya pada awalnya merupakan pakaian yang berkembang di kalangan perempuan Jawa. Selanjutnya, dinobatkan menjadi pakaian nasional yang menjadi ciri khas perempuan Indonesia.
2) Bahasa Indonesia; bahasa Indonesia tetapkan sebagai bahasa nasional yang diambil dari bahasa Melayu dan dilengkapi dengan bahasa Sunda, Jawa, dan Minangkabau.
Terdapat beberapa ciri dari kebudayaan nasional sebagai berikut:
1) mengandung unsur-unsur budaya daerah yang bersifat nasional;
2) mencerminkan nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa;
3) mengandung unsur-unsur pemersatu dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar