Kamis, 19 April 2012

Asal mula nama indonesia.

Indonesia, nama yang mengambarkan sebuah negara besar yang ada di kawasan asia tenggara. negara dengan penduduk terbesar ke empat di dunia ini termasuk negara berkembang.

Indonesia merupakan wilayah yang membentang di garis katulistiwa yang dulunya merupakan bekas jajahan Belanda dan mempunyai nama Hindia Belanda. Di negara terdiri atas ribuan pulau dan juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Lalu dari mana kata Indonesia berasal ? dahulu kala kepulauan Indonesia disebut sebagai Nusantara yang mempunyai arti Nusa itu adalah pulau dan antara berarti hubungan, jadi Nusantara adalah pulau-pulau yang saling terhubungkan.

Sejak datangnya bangsa Belanda kemudian kepulauan nusantara disebut Hindia Belanda atau Nederlands-Indiƫ dan sebutan itu berlaku sampai kemerdekaan Indonesia tahun 1945.

Sedangkan kata Indonesia sendiri pertama kali diperkenalkan seorang ahli Inggris yang bernama J. Richardson Logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi, kemudian G.W Earl menyebut Indonesians. Maxwell yang merupakan warga Inggris pada tahun 1862 meyebut Indonesia dalam karangan bukunya. dan terakhir seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolf Bastian Juga menyebut nama Indonesia.

Kata Indonesia sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari Indus yang berarti Hindia dan Nesos yang berarti kepulauan. jadi kata Indonesia berarti pulau-pulau Hindia. Dan setelah itu pemakaian nama Indonesia sebagai sebuah negara dan bangsa diteruskan dari masa perjuangan sampai proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 hingga sekarang ini.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar