Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Senin, 16 April 2012

Jenis-JENIS BATUAN

Ada tiga jenis batuan yang ada di bumi kita, yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf.
1. Batuan beku
Batuan beku terbentuk dari magma yang membeku. Menurut lokasi pembekuannya, batu beku dibedakan batuan beku luar, batuan beku sela dan batuan beku dalam.
2. Batuan sedimen
Batuan beku yang ada di permukaan kulit bumi dan kena pengaruh tenaga eksogen akan mengalami pelapukan. Bagian- bagian yang hancur atau lepas dari batuan induknya diangkut oleh aliran air, angin, dan gletser, kemudian diendapkan di tempat lain, yang umumnya di tempat yang lebih rendah. Material yang diendapkan tersebut bila mengalami pemadatan (kompaksi) dan perekatan (sementasi) berubah menjadi
batuan sedimen. Ciri utama batuan sedimen adalah berlapis- lapis.Berdasarkan tenaga pengangkutnya batuan sedimen dibedakan menjadi tiga:
a) Batuan sedimen aeolis atau aeris, yaitu batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga angin.
b) Batuan sedimen aquatis, yaitu batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga air.
c) Batuan sedimen glasial, yaitu batuan sedimen yang terbentuk oleh gletser.
Ada dua jenis batuan sedimen istimewa, yaitu breksi dan konglomerat. Breksi adalah batuan sedimen yang tersusun dari fragmen-fragmen batuan yang bersudut runcing. Konglomerat adalah batuan sedimen yang tesusun dari fragmen-fragmen batuan yang bersudut tumpul.
Di dalam batuan sedimen seringkali terdapat sisa-sisa binatang atau tum-buhan yang telah membatu, yang disebut fosil,
3. Batuan Metamorf
Batuan beku ataupun batuan sedimen yang mendapat tekanan yang besar, dan suhu yang tinggi serta dalam waktu yang lama dapat berubah bentuk sehingga menjadi batuan metamorf. Contoh: batu kapur karena pengaruh tekanan yang besar, suhu yang tinggi dan waktu yang lama berubah menjadi
batu marmer.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar