Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Selasa, 17 April 2012

Perangkat Masukan atau Input Komputer

Perangkat masukan atau input device berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, joystick, scanner, dan sebagainya.

a. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya berupa rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya. Keyboard berasal dari bahasa Inggris yang artinya papan ketik. Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Keyboard biasanya dibagi dalam tiga bagian, yaitu function keys (tombol fungsi), type writer (tombol huruf, angka, dan tanda baca), dan numeric keypad (tombol angka dan tanda baca yang berfungsi sebagai kalkulator), serta control keys (tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar). Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, akan muncul fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Saat ini banyak inovasi yang dilakukan dalam merancang bentuk keyboard, tentu saja tanpa mengurangi fungsi utama dari keyboard. Seperti keyboard jenis foldable. Keyboard jenis ini terbuat dari plastik lembut yang dapat digulung dan dilipat sehingga dapat dibawa kemana pun pergi. Keyboard jenis ini juga lebih tahan air dibanding keyboard biasa.

b. Mouse
Apakah mouse itu? Pada pembahasan komputer, mouse tentu bukan tikus yang suka berkeliaran di saluran air. Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus dengan kabel yang menjulur sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse. Alat ini akan membantu mengarahkan kursor di layar monitor. Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart, berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis
Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.

c.Joystick
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas. Alat ini dapat bergerak ke segala arah. Alat ini juga dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Pada umumnya, joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Sebenarnya alat ini dapat digantikan dengan mouse atau keyboard. Namun, menggunakan joystick pada permainan simulasi akan terasa lebih seru dan menyenangkan karena akan memancingmu untuk ikut bergerak. Selain untuk mengontrol permainan video, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

d. Scanner
Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks. Scanner fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu, kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Selanjutnya hasil tersebut dapat disimpan sebagai file text, dokumen, dan gambar. Data yang telah diambil dengan scanner itu dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Scanner juga dikenal dengan nama pemindai.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar