Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 11 April 2012

Manfaat laut

Laut memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, di antaranya sebagai berikut.

a. Sumber mata pencaharian penduduk
Perairan laut merupakan sumber kehidupan bagi nelayan. Perairan laut menyediakan berbagai macam jenis ikan, kerang, udang, dan sebagainya.
b. Sarana transportasi laut
Laut merupakan air yang murah, karena hampir tidak diperlukan biaya pembuatan dan pemeliharaan. Melalui laut, berbagai hasil dapat dibawa dari satu tempat ke tempat yang lain. Transportasi laut dapat berupa kapal penumpang, kapal barang, dan kapal pesiar. Contoh transportasi laut, yaitu penyeberangan antarpulau di Selat Sunda antara Pelabuhan Merak dan Bakauheni.
c. Pembangkit tenaga listrik
Perairan laut memiliki potensi angin dan gelombang yang besar. Angin dan gelombang saat ini dimanfaatkan sebagai penggerak motor penghasil listrik. Misalnya, pembangkit listrik tenaga angin di Belanda.
d. Tempat wisata bahari
Laut dapat dijadikan tempat rekreasi dan wisata bahari, misalnya di Cilincing, Ancol, dan Parangtritis.
e. Pengatur iklim
Perbedaan sifat fisik air laut dan sifat fisik daratan dapat menimbulkan gerakan udara (angin). Bersama-sama dengan angin tersebut, maka uap air laut terbawa dan dapat menyejukan atau memanaskan tempat yang dilalui serta dapat menimbulkan turunnya hujan.
f. Tempat pertahanan dan keamanan
Laut merupakan tempat pertahanan dan keamanan. Kapal-kapal laut dapat menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah Indonesia dari serangan negara asing.
g. Sumber bahan tambang
Bahan tambang terutama minyak dan gas banyak dijumpai di tengah perairan laut. Hal ini terjadi karena bahan-bahan pembentuk minyak, seperti jasad organik ikan dan tumbuhan banyak terjadi di laut. Misalnya, pertambangan minyak dan gas lepas pantai di Balikpapan, Kalimantan Timur.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar