Senin, 16 April 2012

Pengertian Penawaran

1. Pengertian Penawaran
Setelah anda memperoleh penjelasan tentang permintaan dan hal-hal yang berkaitan dengan permintaan, tiba saatnya kita membahas tentang penawaran (supply). Apakah yang dimaksud dengan penawaran? Tentu anda pernah melihat pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di lampu merah atau anda melihat para pedagang yang menjajakan dagangannya di pasar. Menurut anda apakah mereka sedang melakukan kegiatan penawaran? Jadi, apakah penawaran itu? Dalam ilmu ekonomi, penawaran
diartikan sebagai sejumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.

2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Penawaran terhadap suatu barang banyak dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Harga barang itu sendiri
Apabila harga suatu barang naik, produsen akan menaikkan jumlah barang yang dihasilkannya. Hal ini akan membawa kita pada hukum penawaran yang menjelaskan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut.
b. Harga barang lain yang terkait
Harga barang lain yang terkait maksudnya adalah harga barang substitusi dan harga barang komplementer. Apabila harga barang substitusi naik, penawaran suatu barang akan bertambah. Begitu juga sebaliknya, sementara jika harga barang komplementer naik, penawaran akan suatu barang akan berkurang.
c. Harga faktor produksi
Pada jumlah anggaran yang tetap, kenaikan harga faktor produksi, seperti tingkat upah, harga bahan baku, atau kenaikan tingkat bunga modal akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit. Hal ini tentu saja menyebabkan penawaran barang tersebut berkurang.
d. Biaya produksi
Apabila biaya produksi suatu barang naik, perusahaan akan mengurangi produksinya pada tingkat jumlah anggaran yang tetap. Oleh karena itu, menurunnya tingkat produksi ini tentu saja menyebabkan penawaran barang tersebut berkurang.
e. Teknologi produksi
Adanya kemajuan pada teknologi produksi dapat menyebabkan penurunan biaya produksi dan dapat menciptakan barang-barang baru. Dengan demikian, kemajuan teknologi ini dapat mendorong bertambahnya penawaran terhadap suatu barang.
f. Jumlah pedagang atau penjual
Apabila jumlah pedagang atau penjual suatu barang semakin banyak, secara otomatis jumlah barang yang ditawarkan pun akan semakin bertambah.

3. Hukum Penawaran
Sama halnya*seperti hukum permintaan, hukum penawaran pun menunjukkan hubungan antara tingkat harga dengan jumlah barang. Hanya saja, yang dimaksud dengan jumlah barang di sini adalah jumlah barang yang ditawarkan. Dapatkah kamu menyebutkan bunyi hukum penawaran? Berikut ini merupakan bunyi hukum penawaran:
“Jika harga suatu barang naik, jumlah barang yang ditawarkan akan naik, sebaliknya jika harga suatu barang turun, jumlah barang yang ditawarkan pun akan turun.”
Pada bahasan sebelumnya kamu telah memperoleh penjelasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi penawaran. Adapun hukum penawaran hanya menjelaskan hubungan antara tingkat dan jumlah barang yang ditawarkan. Oleh karena itu, hukum penawaran berlaku dengan asumsi ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain selain harga dianggap konstan.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar