Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Jumat, 13 April 2012

Unsur-unsur Komunikasi

Dalam Hafied Cangara (2005 : 23) bahwa unsur-unsur Komunikasi dapat dilihat dalam gambaran yang kaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya dapat dilihat sebagi berikut :
a. Sumber
Semua peristiwa Komunikasi akan melihatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi. Dalam Komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai oraganisasi atau lembaga. Sumber sering disebut pengirim, komunikator atau dalam bahasa inggrisnya disebut source, sender atau encoder.
b. Pesan
Pesan yang dimaksud dalam proses Komunikasi adalah sesuatu ynag disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi.
c. Media
Media yang dimaksud di sini ialah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber ke penerima
d. Penerima
Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok, partai atau negara.
e. Efek/ pengaruh
Efek atau pengaruh adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
f. Umpan balik
Ada yang beranggapan bahwa umpan balik sebenarnya adalah salah satu bentuk daripada pengaruh yang berasal dari penerima. Akan tetapi sebenarnya umpan balik bisa juga berasal dari unsur lain seperti pesan dan media, meski pesan belum sampai pada penerima.
g. Lingkungan
Lingkungan atau situasi ialah faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. Faktor ini dapat digolongkan menjadi empat macam, yaitu lingkungan fisik, lingkungan sosial budaya, lingkungan psikologis dan dimensi waktu

Sumber:  http://repository.upi.edu  

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar