Dalam
mengelola suatu sistem komunikasi pemasaran memerlukan suatu rancangan strategi
dan program-program penjualan yang efektif dan efisien. Promosi penjualan
merupakan unsur kunci dalam kampanye perusahaan dan promosi yang paling baik
adalah promosi yan dilakukan oleh pelanggan yang puas. Dengan demikian, promosi
perlu ditangani secara cermat karena masalahnya bukan hanya menyangkut pada
bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan akan tetapi juga menyangkut seberapa
besar biaya yang dikeluarkan untuk biaya ini yang tentunya harus disesuaikan pada
kondisi dan kemampuan perusahan.
Promosi merupakan salah satu variabel di dalam marketing mix yang sangat
penting dilaksanakan oleh
perusahaan dalam pemasaran produk
atau jasanya. Menurut Martin L. Bell dalam Basu Swasta dan Irawan
(1990:349) promosi adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk
mendorong permintaan. Sedangkan menurut William G. Nikels dalam bukunya
Basu Swasta dan Irawan (1990:349) promosi adalah arus informasi
atau persuasi satu
arah yang dibuat
untuk mengarahkan seseorang
atau organisasi kepada
tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Kedua
definisi tersebut pada
pokoknya sama meskipun
titik beratnya
berbeda. Definisi pertama
lebih menitik beratkan pada pendorongan
permintaan. Sedangkan definisi kedua lebih menitik beratkan pada penciptaan
pertukaran. Pertukaran akan
terjadi karena adanya permintaan dan penawaran,
dengan adanya permintaan akan mendorong terciptanya pertukaran. Jadi promosi
merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran
dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Dengan promosi menyebabkan
orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk akan menjadi
tertarik dan mencoba produk sehingga konsumen melakukan pembelian.
Jenis promosi atau promosional mix menurut
William J. Stanton dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:349) adalah kombinasi
strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat
promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjulan.
Definisi tersebut tidak
menyebutkan secara jelas beberapa variabel promotion mix selain
periklanan dan personal selling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar